News  

Discord Kini Jadi Tempat Mesum dan Media Perselingkuhan – Jurnal Faktual

Realita.id – Belum lama ini, geger melanda ketika kasus perselingkuhan antara seorang pilot dan pramugari terbongkar, memanfaatkan platform komunikasi yang tak terduga, Discord.

Aplikasi yang sebelumnya dikenal sebagai sarana interaksi para gamer ini, kini menjadi saksi bisu dari hubungan terlarang yang terjalin di balik layar.

Melansir dari Tribunjatim, Ira Nandha, yang tak lain adalah seorang seleb TikTok dan istri dari sang pilot, Elmer Syaherman, membeberkan percakapan cabul antara suaminya dan seorang pramugari berinisial DB, melalui aplikasi Discord.

Ira telah lama curiga akan perselingkuhan yang terjadi, namun baru mampu mengungkapkannya setelah berhasil mengantongi bukti yang tak terbantahkan.

Discord, pada dasarnya, adalah platform yang memungkinkan pengguna berkomunikasi melalui berbagai media, mulai dari pesan teks, suara, hingga video. Tak hanya itu, fitur-fitur lainnya seperti mendengarkan musik dan bermain game turut menjadi daya tarik tersendiri. Aplikasi ini dapat diakses baik melalui perangkat Android maupun iOS, dengan syarat memiliki akun terdaftar terlebih dahulu.

Pada intinya, Discord menawarkan beragam fitur menarik bagi komunitas gamer. Mulai dari server, channel, hingga bot dan emoji khusus. Pengguna dapat membentuk atau bergabung dengan server yang sesuai dengan minat serta hobinya. Server menjadi ruang obrolan yang terdiri dari beragam channel, baik itu berupa kanal teks atau suara.

Channel teks difungsikan sebagai tempat pengguna untuk berkomunikasi melalui pesan, berbagi konten multimedia, atau berbagi berkas. Di sisi lain, channel suara memungkinkan pengguna untuk berinteraksi secara verbal, mirip seperti panggilan telepon atau konferensi.

Fitur bot menjadi tambahan yang signifikan di server Discord. Mereka bertugas memberikan fungsi tambahan, seperti memutar musik, memberikan informasi, atau bahkan menyediakan permainan.

Tidak ketinggalan, emoji khusus yang merupakan simbol atau gambar dapat diekspresikan pengguna untuk mengekspresikan emosi. Pengguna bisa membuat atau menggunakan emoji khusus yang tersedia di dalam server. Namun, perlu dicatat bahwa emoji khusus ini berbeda dengan emoji standar yang umumnya ada di perangkat ponsel atau komputer.

Dengan segudang fitur menarik tersebut, Discord menjelma sebagai tempat yang populer di kalangan gamer. Mampu memfasilitasi komunikasi dan interaksi antara sesama penggemar game, aplikasi ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari rutinitas gaming.

Namun, di balik kepopulerannya, Discord tak luput dari potensi penggunaan yang kurang positif. Seperti terungkap dalam kasus perselingkuhan pilot dan pramugari, aplikasi ini juga bisa menjadi sarana bagi tindakan yang kurang baik, mulai dari penyebaran konten yang tidak pantas hingga upaya radikalisme atau kekerasan.

Hal ini menegaskan perlunya pengguna Discord untuk bijak dan hati-hati dalam menjalankan aplikasi ini. Perlu diingat bahwa Discord seharusnya menjadi tempat yang menyenangkan dan bermanfaat bagi komunitas gaming, bukan menjadi panggung untuk tindakan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Kesadaran akan penggunaan yang bertanggung jawab akan menjaga esensi sebenarnya dari aplikasi ini, yakni sebagai ruang yang positif bagi para penggunanya.