News  

Di Rumania, Pesta Akhir Tahun Berpadu dengan Festival Kostum Beruang yang Unik! – Jurnal Faktual

Realita.idDi kawasan timur laut Rumania, tepatnya di Comanesti, warga merayakan pergantian tahun dengan cara yang luar biasa.

Mereka memakai kostum beruang dan menampilkan tarian khas untuk mengusir roh jahat serta membawa keberuntungan ke dalam tahun yang baru.

Ritual ini sudah menjadi bagian dari kekayaan budaya Rumania selama berabad-abad.

Setiap tahun, tepat pada tanggal 30 Desember, ratusan orang, baik dewasa maupun anak-anak, berdandan layaknya beruang, mengelilingi kota sembari ditemani musik dan nyanyian.

Beruang, menurut kepercayaan setempat, memiliki kekuatan magis yang mampu menjaga manusia dari ancaman bahaya.

Dengan menirukan gerakan dan suara beruang, para warga berharap dapat mengusir roh jahat yang mengganggu kehidupan mereka.

Tak hanya sebagai bentuk ritual, tradisi ini juga sebagai wujud penghormatan terhadap alam dan semua makhluk hidup di dalamnya.

Kostum beruang yang digunakan dibuat dari kulit hewan yang mati karena penyakit atau didapat secara legal.

Warga pun menyuguhkan makanan dan minuman sebagai ungkapan terima kasih kepada beruang.

Tak heran, perayaan unik ini menjadi magnet bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang ingin menyaksikan momen akhir tahun yang tak biasa.

Mereka bisa ikut serta dalam perayaan bersama warga, berfoto bersama beruang yang menggemaskan, bahkan ada yang nekat bergabung dalam kostum dan menari bersama.

Tradisi ini adalah contoh gemilang bagaimana budaya dan alam bisa bersimbiosis harmonis.

Pesta beruang tak hanya menjadi simbol kebahagiaan, tapi juga menandai optimisme warga Rumania menghadapi tahun yang baru.

Dengan penuh semangat, mereka berharap bisa melalui masa-masa sulit pandemi Covid-19 dan memulai awal yang lebih baik dengan penuh harapan dan semangat yang membara.