Daftar 10 Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia Legal, Kredibel, dan Terpercaya

Ini dia 10 Rekomendasi Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia Tahun 2023

Realita.id – Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, seiring dengan perkembangan perasuransian di Indonesia, mulai banyak sekali perusahaan asuransi jiwa yang bermunculan di Indonesia.

Seluruh perusahaan asuransi jiwa yang ada berlomba-lomba untuk dapat menjadi yang terbaik. Perusahaan asuransi jiwa mana sajakah yang berhasil menduduki 10 besar peringkat yang terbaik? (DISINI )

Sebenarnya, ada banyak faktor yang menjadi penentu dari asuransi terbaik di Indonesia, seperti kesehatan keuangan perusahaan asuransi berdasarkan laporan finansial tahunannya.

Tapi, perlu diketahui jika di Indonesia setidaknya terdapat lebih dari 70 perusahaan asuransi yang aktif beroperasi. Karenanya, jika harus mengecek laporan keuangan dari masing-masing perusahaan untuk mengetahui daftar asuransi terbaik di Indonesia tentu membutuhkan waktu dan tenaga.

Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia Versi LMRA

Media Asuransi adalah majalah yang dikelola oleh Dewan Asuransi Indonesia (DAI) yang turut membawahi dewan asuransi umum Indonesia. Media ini memiliki fokus topik asuransi, perbankan, multifinance, pasar modal, dan industri keuangan lainnya.

Melalui hasil analisis data yang dikelola oleh Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA), berikut daftar perusahaan asuransi terbaik di Indonesia 2022. Tentunya, ini daftar asuransi yang terdaftar di OJK ya.

Rekomendasi Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

Asuransi jiwa memiliki fungsi yang berbeda dengan asuransi kesehatan, yaitu sebagai solusi finansial untuk keluarga ditinggalkan. Berikut adalah rekomendasi perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia:

1. Asuransi Simas Jiwa

Polis asuransi jiwa dari Simas Jiwa yaitu SIJI Guard 4 tergolong sebagai pilihan peringkat asuransi jiwa terbaik 2020 untuk asuransi murni terbaik. Polisnya menanggung usia masuk nasabah hingga 69 tahun, padahal biasanya asuransi lainnya hanya menanggung usia masuk nasabah hingga 50 tahunan.

Selain risiko meninggal dunia yang ditanggung juga lengkap, baik akibat kecelakaan, meninggal dunia, hingga santunan cacat tetap.

Pastikan keluarga telah terlindungi secara finansial dengan asuransi jiwa. Proteksi finansial dari asuransi jiwa terbaik akan memberi keluarga dan ahli waris pertanggungan berupa santunan tunai andai tertanggung kehilangan pekerjaan, kecelakaan, atau meninggal dunia.

2. Asuransi Ciputra Life

Melalui polis Citra Jaminan Pasti 50, perusahaan Asuransi Ciputra Life memberikan manfaat pengembalian premi 160 persen di tahun ke 20. Selain itu, nasabah juga bisa mendapatkan manfaat santunan meninggal dunia akibat kecelakaan hingga Rp100 juta dan akibat sakit hingga Rp50 juta.

3. Asuransi Manulife

Asuransi Jiwa Manulife unggul dengan polis Essential Assurance yang menanggung usia nasabah hingga 99 tahun. Selain itu polis dari Manulife ini juga memberikan manfaat nilai tunai dan pengembalian 100 persen uang pertanggungan di akhir polis. Tidak hanya itu, santunan meninggal dunia yang diberikan Essential Assurance juga sangat tinggi yaitu hingga Rp2,5 miliar.

4. Asuransi Sequis Life

Perusahaan asuransi jiwa yang terbaik di Indonesia lainnya yang bisa jadi pilihan kamu selanjutnya adalah Sequis Life. Produk asuransi jiwa dari perusahaan ini memiliki manfaat pertanggungan hingga usia seumur hidup. Tidak hanya itu saja, perusahaan juga menawarkan uang pertanggungan hingga Rp1 miliar.

5. Heksa Insurance

PT Heksa Solution Insurance yang sudah diawasi oleh OJK juga menawarkan produk asuransi jiwa dengan manfaat cukup lengkap. Salah satu produk yang ditawarkan perusahaan ini juga menanggung hingga usia 99 tahun dan manfaat no claim bonus ketika tidak ada klaim sampai akhir polis.

6. Asuransi Star Investama

Perusahaan asuransi jiwa terbaik lainnya yang bisa jadi pilihan adalah Star Investama. Perusahaan ini cukup unggul dengan produk asuransi jiwa sebab memiliki manfaat pertanggungan uang pertanggungan (UP) hingga 125 persen dan jaminan atas risiko Covid-19.

7. Asuransi CAR Life

Asuransi Jiwa Central Asia Raya atau lebih dikenal dengan CAR Life juga menawarkan berbagai produk asuransi jiwa yang bisa jadi pilihan Polis asuransi jiwa dari perusahaan ini cukup unggul sebab memberikan santunan meninggal dunia hingga Rp200 juta. Tidak hanya itu saja, manfaat beasiswa anak hingga 570 persen dari Uang Pertanggungan (UP) menjadi keunggulan lainnya.

8. Asuransi Prudential 

Prudential Indonesia merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia. Produk Asuransi Jiwa Prudential seperti PRULink Generasi Baru memberikan UP minimal Rp200 juta plus tambahan 100 persen dari UP dasar jika tertanggung meninggal dunia sebelum usia 70 tahun.

Kamu juga bebas untuk memilih instrumen investasi sesuai dengan tujuan keuangan. Gak cuma itu, kamu juga bisa mendapatkan pilihan manfaat tambahan atau rider yang beragam.

9. Asuransi Sun Life

Asuransi Sun Life menghadirkan produk asuransi jiwa terbaik di Indonesia melalui Sun Proteksi Jiwa. UP yang tinggi hingga Rp2,1 miliar namun premi terjangkau, kamu juga bisa menambahkan manfaat asuransi penyakit kritis. Dengan premi mulai Rp4 jutaan per tahun, tersedia pilihan masa perlindungan 1, 10, atau 20 tahun yang sangat fleksibel.

10. Asuransi Jiwa Chubb Life

Chubb Life Insurance juga menjadi perusahaan asuransi jiwa yang telah mendapatkan izin usaha Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satu produk unggulan dari perusahaan adalah Asuransi Jiwa Extra Cash Back Protection yang memberikan manfaat pengembalian premi hingga 100 persen di tahun ke 10.

Catatan Penting

Seluruh perusahaan asuransi di atas merupakan perusahaan yang memang sudah cukup lama bergerak di bidang asuransi atau keuangan, sehingga mereka memiliki posisi cukup kuat di industri tersebut.

Akan tetapi ketika Anda ingin membeli asuransi, perusahaan bukanlah hal yang utama yang harus Anda pertimbangkan.

Yang utama yang harus Anda pertimbangkan adalah seberapa besar kebutuhan uang pertanggungan Anda dan apakah asuransi yang Anda beli dapat mencukupi kebutuhan uang pertanggungan Anda.

Memang bukanlah hal yang mudah untuk mengetahui kebutuhan jumlah uang pertanggungan yang ideal, oleh karena itu tidak sedikit orang yang meminta bantuan ahlinya untuk menentukan jumlah dana ini

Setelah Anda mengetahui kebutuhan Anda, Anda dapat memilih salah satu dari perusahaan asuransi yang terbaik yang dapat menjawab kebutuhan Anda.

Yang terpenting adalah Anda harus membaca semua persyaratan yang tertera di dalam polis asuransi tersebut. Pahami asuransi yang Anda beli dan pilihlah asuransi yang dapat menjawab kebutuhan Anda.

Penulis: Riri Sri AstutiEditor: Raya Subiantoro