News  

Cantik-cantik Terkena Depresi Akibat Tekanan Kerja Oleh Atasan, Solusi Terbaik Atasi Depresi Menurut Para Ahli! – Jurnal Faktual

Realita.idDepresi di tempat kerja adalah fenomena yang nyata dan seringkali terabaikan.

Dalam lingkungan kerja yang semakin menuntut, banyak pekerja merasa tertekan dan akhirnya jatuh ke dalam jurang depresi.

Tapi, apakah mereka harus segera memberi tahu atasan mereka? Berikut adalah jawaban dari para ahli.

Mengenali Tanda Depresi

Depresi di tempat kerja bisa memicu gejala fisik dan gangguan mental, yang jika dibiarkan bisa berujung pada kondisi yang lebih parah.

Gejala fisik bisa berupa sakit kepala, selalu merasa lelah, susah tidur di malam hari, sakit perut, sulit berkonsentrasi, hingga penurunan produktivitas sehari-hari

Sedangkan gejala psikologis bisa berupa sulit berkonsentrasi, penurunan produktivitas, tidak bersemangat dan selalu datang terlambat ke kantor, cemas, mudah putus asa, dan pesimis⁴.

Dampak Depresi pada Kinerja Kerja

Depresi dapat berdampak pada fokus, kemampuan mengambil keputusan, manajemen waktu, hingga interaksi dan komunikasi.

Jika dibiarkan, depresi dapat menimbulkan komplikasi yang berbahaya, seperti gangguan kecemasan, gangguan panik atau fobia sosial.

Depresi yang tidak diobati dapat mengakibatkan masalah emosional, perilaku, dan masalah kesehatan yang dapat memengaruhi setiap segi kehidupan Anda, bahkan berujung pada kematian.

Apakah Memberitahu Atasan Solusi terbaik?

Menurut para ahli, sangat penting bagi petinggi dan supervisor untuk tahu dan mewaspadai tanda depresi yang ditunjukkan karyawan sehingga dapat bertindak segera untuk memberikan pertolongan yang tepat

Jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini bisa meningkatkan risiko terjadinya sakit kepala, selalu merasa lelah, susah tidur di malam hari, sakit perut, sulit berkonsentrasi, hingga penurunan produktivitas sehari-hari.

Depresi di tempat kerja adalah masalah serius yang perlu ditangani dengan hati-hati. Jika Anda merasa depresi saat bekerja, penting untuk mencari bantuan profesional.

Jangan ragu untuk berbicara dengan atasan Anda tentang apa yang Anda alami.

Ingatlah bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan nyawa Anda, dan Anda berhak mendapatkan dukungan dan pengertian di tempat kerja oleh atasan Anda.