News  

Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung Saat Bermain Sepak Bola – Realita.id

Realita.id – Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih. Ungkapan itu mungkin cocok untuk menggambarkan nasib Bupati Halmahera Selatan (Halsel), Usman Sidik, yang meninggal dunia secara mendadak saat bermain sepak bola dalam rangka pembukaan Piala Bupati Cup, Minggu (5/11/2023) petang.

Usman Sidik, yang juga Wakil Bendahara Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), tiba-tiba ambruk dan terbaring di tengah lapangan saat memperkuat tim Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Halsel melawan tim Pemkab Halsel di lapangan Gelora Bahrain Kasuba.

Menurut adik kandungnya, Samsuddin Sidik, Usman Sidik langsung dibawa ke RSU Marabose Halmahera Selatan menggunakan ambulans yang masuk ke tengah lapangan. Namun, nyawanya tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia sekitar pukul 18.40 WIT dalam usia 50 tahun.

“Dokter menyatakan bahwa beliau meninggal karena serangan jantung,” kata Samsuddin Sidik melalui pesan WhatsApp dari Ternate.

Rencananya, jenazah Usman Sidik akan dibawa ke Kota Ternate, Maluku Utara, untuk dimakamkan. Namun, hingga berita ini ditulis, belum diketahui kapan dan di mana lokasi pemakamannya.

Kabar meninggalnya Usman Sidik sontak menggemparkan masyarakat Halmahera Selatan dan Maluku Utara, khususnya para wartawan yang pernah bekerja sama dengan almarhum. Usman Sidik dikenal sebagai sosok yang ramah, rendah hati, dan pekerja keras.

Sebelum terjun ke dunia politik, Usman Sidik merupakan wartawan senior yang berkiprah sebagai wartawan RCTI biro Maluku Utara. Ia juga pernah mendirikan media cetak harian bernama PT Seputar Malut.

Usman Sidik terpilih menjadi Bupati Halmahera Selatan periode 2021-2024 bersama Hasan Ali Bassam Kasuba melalui jalur independen. Mereka dilantik oleh Gubernur Maluku Utara Kh. Abdul Gani Kasuba pada 24 Mei 2021.

Atas meninggalnya Usman Sidik, berbagai pihak menyampaikan belasungkawa dan penghargaan atas dedikasi dan kontribusinya bagi pembangunan daerah. Salah satunya adalah Ketua PWI Maluku Utara, Asri Fabanyo, yang mengaku terpukul atas berita duka tersebut.

“Kami berbelasungkawa atas meninggalnya Bupati Halsel Usman Sidik, selain sebagai pejabat, Usman juga merupakan senior dari teman-teman wartawan, karena sebelum memulai karirnya di dunia politik, beliau merupakan wartawan senior berkiprah sebagai wartawan RCTI biro Maluku Utara,” kata Asri Fabanyo.

Turut berduka cita atas meninggalnya Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik. Semoga almarhum husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran.