News  

Bukan Emas, Tapi Tembaga! Begini Cara Nabi Sulaiman Kaya Raya! – Realita.id

Realita.id – Sebuah penemuan arkeologi terkini telah menyoroti fakta mengejutkan di balik kekayaan legendaris yang dikenal milik Nabi Sulaiman. Sumber kekayaan yang selama ini diyakini sebagai emas, ternyata merupakan tembaga.

Lokasi tambang tembaga yang terletak di kedalaman Lembah Timna, Israel, menjadi sorotan sebagai pusat produksi tembaga yang berkembang pesat saat Raja Sulaiman berkuasa 3.000 tahun silam.

Tembaga, logam yang amat dicari pada zaman kuno, menjadi komoditas yang sangat berharga pada masa itu.

Dr. Mohammad Najjar, dari Friends of Archaeology of Jordan, menjelaskan, “Saat ini, minyak Bumi menjadi sesuatu yang tak terpisahkan bagi manusia.

Begitu juga pada masa lampau, tembaga menjadi fondasi yang vital bagi keberlangsungan aktivitas manusia pada zaman itu.”

Tembaga menjadi tonggak penting dalam perjalanan sejarah manusia. Proses ekstraksi logam dari batu dan pengubahannya menjadi alat dan senjata merupakan langkah radikal bagi peradaban. Melalui proses peleburan, tembaga berhasil dipisahkan dari bijih alam yang terdapat dalam batuan.

Penemuan ini bukan sekadar membuka tabir mengenai bagaimana peradaban kuno mengelola sumber daya alam, tetapi juga memberikan wawasan baru tentang bagaimana kekayaan Nabi Sulaiman diperoleh dan dimanfaatkan.

Dengan demikian, keberadaan tembaga tidak hanya memiliki arti penting dalam konteks sejarah dan arkeologi, melainkan juga menggambarkan pentingnya pengelolaan sumber daya alam pada masa lampau.