News  

Beli Rumah atau Ngontrak Dulu? 7 Hal Ini Bisa Menjadi Pertimbangan – Jurnal Faktual

Realita.id – Membeli rumah sendiri adalah impian banyak orang, terutama bagi pasangan muda yang baru menikah. Namun, apakah membeli rumah lebih menguntungkan daripada menyewa atau ngontrak?

Apa saja hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah atau ngontrak dulu?

Berikut adalah tujuh hal yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang sedang bingung antara beli rumah atau ngontrak:

Aspek emosional

Membeli rumah sendiri tentu memberikan rasa bangga, nyaman, dan aman. Anda bisa menata rumah sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda, tanpa harus khawatir dengan batasan atau aturan dari pemilik rumah.

Anda juga bisa merasa lebih tenang karena tidak perlu khawatir dengan kenaikan harga sewa atau perpanjangan kontrak.

Namun, membeli rumah juga bisa menimbulkan beban emosional, seperti stres, khawatir, atau takut jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti bencana, kerusakan, atau masalah hukum.

Aspek rasional

Membeli rumah juga harus dipertimbangkan dari segi rasional, yaitu kondisi keuangan Anda. Apakah Anda sudah memiliki dana darurat, status kredit yang baik, dan penghasilan yang stabil dan cukup untuk membayar cicilan rumah?

Apakah Anda sudah memperhitungkan biaya-biaya lain yang mungkin timbul, seperti biaya perawatan, renovasi, pajak, asuransi, atau bunga pinjaman?

Jika Anda belum siap secara finansial, mungkin lebih baik untuk ngontrak dulu sambil menabung dan merencanakan keuangan Anda dengan baik.

Lokasi

Lokasi adalah salah satu faktor penting dalam memilih rumah, baik untuk dibeli atau disewa.

Anda harus mempertimbangkan lokasi rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda, seperti jarak dengan tempat kerja, sekolah, pusat perbelanjaan, sarana kesehatan, transportasi umum, atau tempat ibadah.

Anda juga harus memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kenyamanan dan keamanan Anda, seperti lingkungan, fasilitas, infrastruktur, atau resiko bencana.

Harga