News  

Bagaimana Sebatang Rokok Mengubah Sejarah Indonesia – Realita.id

Realita.id – Gadis Kretek, sebuah mahakarya sastra yang dihasilkan oleh tangan kreatif Ratih Kumala, telah mengukir prestasi luar biasa dalam dunia sastra Indonesia.

Diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2012, novel ini tidak sekadar cerita biasa; ia memukau pembaca dengan keunikan cerita serta kekuatan karakter yang dihadirkan dalam lembaran-lembaran halamannya.

Novel ini mengangkat tema yang jarang dijamah dalam sastra Indonesia, yaitu pergerakan pabrik kretek di awal kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebuah cerita yang mempertemukan dua karakter utama, Pak Raja dan Jeng Yah, dalam hubungan rumit dan penuh misteri. Ratih Kumala dengan cermat menggambarkan kecintaan Pak Raja terhadap kretek buatan Jeng Yah.

Detail unik tentang lintingan kretek yang menggunakan air liur Jeng Yah sebagai perekatnya mencerminkan kedalaman penelitian dan keahlian penulis dalam menggali lapisan cerita.

Tidak hanya menghadirkan kisah cinta dan kepopuleran kretek Gadis, namun novel ini juga mengeksplorasi intrik hubungan manusia dan penuh dengan kejutan.

Saat Pak Raja mengucapkan nama Jeng Yah pada saat-saat terakhirnya, cerita ini mengambil pembaca dalam perjalanan pencarian identitas dan kebenaran yang menggugah hati.

Plot yang dirancang dengan begitu apik oleh Ratih Kumala berhasil memikat pembaca, mendorong mereka untuk terus membaca hingga halaman terakhir.

Tidak hanya di dunia literatur, Gadis Kretek juga menemukan tempatnya dalam layar kaca melalui adaptasi serial Netflix pertama di Indonesia pada tahun 2023.

Dengan latar belakang periode penjajahan Belanda hingga kemerdekaan, serial ini membawa pemirsa ke masa lalu dengan memukau. Keberhasilan ini adalah bukti nyata akan daya tarik dan keberlanjutan cerita yang diciptakan oleh Ratih Kumala.

Dengan segala keunikan dan keindahannya, Gadis Kretek patut diakui sebagai bukti gemilang dari kekayaan sastra Indonesia. Novel ini bukan hanya sekadar karya sastra; ia adalah perjalanan emosional yang menggugah, sebuah karya seni yang memperkaya pikiran dan jiwa pembaca.

Gadis Kretek adalah sebuah cinta pada sastra Indonesia yang tak terbantahkan, menghadirkan keajaiban yang terus memikat hati pembaca dan menjadikan Ratih Kumala sebagai salah satu penulis terkemuka dalam sastra Tanah Air.