News  

Aplikasi Google Dituduh Sebagai Trojan oleh Ponsel China, Benarkah? – Realita.id

Realita.id – Dalam era pesatnya perkembangan teknologi, kejutan-kejutan tak terduga seringkali mewarnai perjalanan kita.

Belakangan ini, dunia teknologi dihebohkan dengan insiden mengejutkan yang melibatkan sejumlah merek ponsel pintar terkemuka dari China, seperti Huawei, Honor, dan Vivo.

Pengguna setia merek-merek ini dibuat gelisah oleh laporan-laporan mendalam: perangkat mereka mendeteksi aplikasi Google sebagai virus TrojanSMS-PA dan menyatakan hal tersebut sebagai ancaman serius.

Peringatan tersebut memerintahkan pengguna untuk segera menghapus aplikasi Google, dituduhkan bahwa aplikasi tersebut memiliki risiko tinggi.

Dalam keterangan yang diberikan, disebutkan bahwa aplikasi tersebut dapat mengirimkan pesan SMS secara diam-diam tanpa sepengetahuan pemilik smartphone.

Problem ini terdengar familiar, telah tersebar luas di forum dukungan Google, Reddit, forum Huawei, dan berbagai komunitas Android lainnya.

Google, sebagai platform tempat aplikasi-aplikasi Android bersarang, telah menanggapi keluhan ini dengan pernyataan resmi.

Mereka menegaskan bahwa Google Play adalah satu-satunya toko aplikasi yang sah, tempat aplikasi-aplikasi telah melalui pengujian ketat sebelumnya.

Mereka menyarankan agar pengguna yang merasa khawatir segera menghubungi produsen perangkat mereka untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

Akan tetapi, tampaknya permasalahan ini sebenarnya dapat ditarik ke akar masalah pada perangkat lunak Huawei yang keliru mengenali aplikasi Google sebagai trojan.

Bagi pengguna perangkat dari China yang mendapat peringatan ini, nasihat yang beredar adalah untuk mengabaikan peringatan tersebut.

Kemungkinan besar, ini hanyalah gejala ‘positif palsu’, di mana perangkat lunak pengamanan keliru memberi tanda aplikasi sah sebagai ancaman.