News  

Apakah Mereka Keturunan Harimau? – Jurnal Faktual

Realita.idDalam dunia Felidae, kucing domestik, yang sering kali menjadi sahabat setia manusia, memiliki ikatan evolusioner yang menarik dengan macan dan harimau, meskipun bukan keturunan langsung.

Famili Felidae sendiri mencakup sekitar 37 spesies hewan yang menarik dan beragam.

Jejak Asal Usul Kucing Domestik

Kucing domestik, yang secara ilmiah dikenal sebagai Felis silvestris catus atau Felis catus, merupakan bagian dari keluarga Felidae yang terdiri dari mamalia karnivora.

Nenek moyang dari kucing domestik ini adalah kucing liar Afrika, Felis silvestris lybica.

Sebagai bagian dari genus Felis dalam famili Felidae, kucing domestik termasuk ke dalam kelompok kucing kecil yang meliputi sekitar tujuh spesies berbeda.

Keterkaitan dengan Macan yang Menarik

Walaupun tidak secara langsung berasal dari macan, beberapa jenis kucing domestik memiliki penampilan yang mirip dengan binatang gagah tersebut.

Contohnya adalah kucing Bengal dan Savannah.

Kucing Bengal dikembangkan dari persilangan antara kucing macan tutul Asia kecil dengan kucing domestik berbulu pendek biasa.

Sementara itu, kucing Savannah merupakan hasil persilangan antara kucing serval Afrika dengan kucing domestik.

Kesimpulannya, meskipun kucing domestik dan macan memiliki akar yang sama dalam famili yang serupa dan memiliki nenek moyang yang mirip, kucing domestik bukanlah keturunan langsung dari macan.

Namun, melalui proses perkawinan silang, beberapa jenis kucing domestik dikembangkan untuk memiliki penampilan yang menyerupai macan.

Dengan mengamati keterkaitan ini, kita dapat lebih menghargai keunikan dan keragaman setiap spesies kucing serta memahami lebih dalam bagaimana mereka terkait secara evolusioner dengan anggota famili Felidae lainnya, termasuk macan.