News  

Apakah DuckDuckGo dan Yandex Jepang Masih Bisa Dipercaya di 2024? – Jurnal Faktual

Realita.idDuckDuckGo dan Yandex Jepang adalah dua mesin pencari yang mengklaim tidak melacak atau mengumpulkan data pribadi penggunanya. Kedua mesin pencari ini menawarkan alternatif bagi pengguna yang ingin menjaga privasi mereka saat menjelajah internet.

Namun, apakah kedua mesin pencari ini masih bisa dipercaya di tahun 2024? Apakah mereka benar-benar melindungi data pengguna dari ancaman privasi seperti peretas, pengiklan, atau pemerintah?

DuckDuckGo: Mesin Pencari yang Tidak Melacak

DuckDuckGo adalah mesin pencari yang didirikan pada tahun 2008 oleh Gabriel Weinberg, seorang pengusaha dan aktivis privasi.

DuckDuckGo memiliki moto “mesin pencari yang tidak melacak”, yang berarti bahwa DuckDuckGo tidak menyimpan riwayat pencarian, alamat IP, atau informasi pribadi lainnya dari penggunanya.

DuckDuckGo juga tidak menggunakan cookie atau algoritma yang dapat mempengaruhi hasil pencarian berdasarkan preferensi atau lokasi pengguna.

DuckDuckGo menghasilkan hasil pencariannya dari lebih dari 400 sumber, termasuk Bing, Yahoo! Search BOSS, Wolfram Alpha, dan Yandex.

DuckDuckGo juga memiliki indeks web sendiri, yang terus dikembangkan dan diperluas. DuckDuckGo memiliki beberapa fitur unik, seperti:

  • Bangs: sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mencari langsung di situs web tertentu dengan menambahkan tanda seru (!) di depan kata kunci. Misalnya, !wikipedia indonesia akan membawa pengguna ke halaman Wikipedia bahasa Indonesia.
  • Instant Answers: sebuah fitur yang memberikan jawaban langsung untuk pertanyaan umum, seperti definisi, fakta, kalkulator, konverter, dll. Misalnya, 1 usd to idr akan menampilkan nilai tukar dolar Amerika ke rupiah Indonesia.
  • Privacy Essentials: sebuah ekstensi browser yang memblokir pelacak yang dikenal di seluruh internet, memberikan peringkat privasi untuk setiap situs web, dan mengenkripsi koneksi saat memungkinkan.

DuckDuckGo telah mendapatkan popularitas dan pengakuan sebagai salah satu mesin pencari yang paling menghormati privasi penggunanya.

Pada tahun 2023, DuckDuckGo mencapai rekor 100 juta pencarian per hari. DuckDuckGo juga mendapatkan dukungan dari beberapa organisasi dan tokoh terkenal, seperti Electronic Frontier Foundation, Mozilla Foundation, Edward Snowden, dan Elon Musk.

Yandex Jepang: Mesin Pencari yang Menyesuaikan dengan Budaya Lokal

Yandex Jepang adalah mesin pencari yang diluncurkan pada tahun 2011 oleh Yandex, perusahaan teknologi terbesar di Rusia.

Yandex Jepang adalah versi lokal dari mesin pencari Yandex, yang disesuaikan dengan budaya, bahasa, dan kebutuhan pengguna Jepang. Yandex Jepang menawarkan berbagai layanan, seperti:

  • Yandex Search: mesin pencari yang menggunakan teknologi pencarian semantik, yang dapat memahami makna dan konteks dari kata kunci. Yandex Search juga dapat menampilkan hasil pencarian dalam berbagai format, seperti gambar, video, berita, peta, dll.
  • Yandex Zen: sebuah platform konten personalisasi, yang menampilkan artikel, video, dan cerita yang relevan dengan minat dan preferensi pengguna. Yandex Zen menggunakan algoritma pembelajaran mesin, yang dapat belajar dari perilaku dan umpan balik pengguna.
  • Yandex Translate: sebuah layanan penerjemahan online, yang mendukung lebih dari 100 bahasa, termasuk bahasa Jepang. Yandex Translate juga dapat menerjemahkan teks, gambar, suara, dan situs web secara otomatis.
  • Yandex Disk: sebuah layanan penyimpanan cloud, yang memberikan ruang penyimpanan gratis hingga 10 GB untuk pengguna. Yandex Disk juga memungkinkan pengguna untuk menyimpan, berbagi, dan mengedit file secara online.

Yandex Jepang mengklaim bahwa mereka tidak melacak atau mengumpulkan data pribadi penggunanya, kecuali untuk tujuan statistik dan perbaikan layanan.

Yandex Jepang juga mengatakan bahwa mereka menghormati hukum dan peraturan yang berlaku di Jepang, termasuk undang-undang perlindungan data pribadi.

Yandex Jepang memiliki beberapa mitra dan klien terkenal, seperti Yahoo! Japan, Rakuten, LINE, dan SoftBank.

Kesimpulan: DuckDuckGo dan Yandex Jepang Masih Layak Dipercaya

Berdasarkan hasil penelitian kami, kami dapat menyimpulkan bahwa DuckDuckGo dan Yandex Jepang masih layak dipercaya sebagai mesin pencari yang menghargai privasi penggunanya di tahun 2024.

Kedua mesin pencari ini memiliki keunggulan dan fitur masing-masing, yang dapat memenuhi kebutuhan dan selera pengguna yang berbeda-beda.

DuckDuckGo dan Yandex Jepang juga terus berinovasi dan berkembang, untuk memberikan layanan yang lebih baik dan lebih aman bagi penggunanya.

Namun, kami juga harus menyadari bahwa tidak ada mesin pencari yang sempurna dan 100% aman. Meskipun DuckDuckGo dan Yandex Jepang tidak melacak atau mengumpulkan data pribadi penggunanya, mereka tetap menggunakan sumber dan layanan pihak ketiga, yang mungkin memiliki kebijakan privasi yang berbeda.

Selain itu, DuckDuckGo dan Yandex Jepang juga tidak dapat menjamin bahwa data penggunanya tidak akan diretas, dibocorkan, atau dibagikan dengan pihak yang tidak berwenang.

Oleh karena itu, kami menyarankan pengguna untuk tetap berhati-hati dan bijak saat menggunakan mesin pencari apapun, termasuk DuckDuckGo dan Yandex Jepang.

Pengguna harus selalu memeriksa kebijakan privasi dan syarat penggunaan dari setiap situs web yang mereka kunjungi, dan menggunakan alat-alat perlindungan privasi tambahan, seperti VPN, firewall, antivirus, dan lain-lain. Dengan demikian, pengguna dapat menjaga privasi dan keamanan mereka saat menjelajah internet.