News  

Amankah Minum Kopi Daun? Pertanyaan yang Wajib Dipikirkan – Jurnal Faktual

Realita.idKopi, minuman yang menjadi ritual pagi bagi banyak orang, memiliki banyak manfaat kesehatan jika dikonsumsi dengan cara yang benar.

Namun, apa jadinya jika kita beralih dari biji kopi ke daun kopi? Apakah aman untuk dikonsumsi? Mari kita cermati lebih dalam.

Kopi: Teman atau Musuh?

Kopi adalah salah satu sumber kafein alami terkaya dalam makanan. Kafein adalah stimulan yang memberi Anda sentakan energi dan membantu tetap terjaga saat merasa lelah.

Namun, jika Anda minum kopi di sore hari, hal tersebut dapat mengganggu tidur Anda. Kurang tidur sering dikaitkan dengan segala macam masalah kesehatan.

Menurut European Food Safety Authority, batas aman konsumsi kafein bagi orang dewasa tanpa riwayat penyakit tertentu adalah 400 mg per hari.

Jumlah ini setara dengan 4 cangkir kopi, 10 kaleng minuman bersoda, atau 2 kaleng minuman berenergi. Jumlah tersebut aman untuk orang dewasa dengan berat badan normal.

Daun Kopi: Alternatif yang Lebih Sehat?

Saat ini, belum ada penelitian yang secara spesifik membahas tentang keamanan dan manfaat minum kopi daun.

Namun, jika kita melihat dari sisi kandungan kafein, daun kopi memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan biji kopi.

Hal ini tentunya bisa menjadi alternatif bagi mereka yang ingin menikmati kopi namun khawatir dengan efek kafein.

Kesimpulan

Meski kopi memiliki banyak manfaat, konsumsi dalam jumlah berlebihan dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan jumlah konsumsi kopi kita setiap hari.

Untuk daun kopi, meski belum ada penelitian yang mendalam, namun bisa menjadi alternatif bagi mereka yang ingin menikmati kopi dengan kafein yang lebih rendah.

Namun, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum mencoba minuman baru. Ingat, kesehatan adalah investasi terbaik kita.