News  

Akulaku Dibekukan, OJK Perketat BNPL! – Realita.id

Realita.id – Industri pinjaman bayar nanti atau Buy Now Pay Later (BNPL) kini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan konsumen modern. Namun, di balik kenyamanan yang ditawarkan oleh layanan ini, ternyata terdapat risiko yang patut diwaspadai.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru-baru ini mengambil langkah tegas dengan memberlakukan sanksi kepada PT Akulaku Finance Indonesia (Akulaku), menunjukkan perlunya regulasi yang ketat dan tata kelola yang baik dalam industri ini.

Surat imbauan yang dikirimkan oleh OJK kepada pelaku usaha multifinance penyedia produk BNPL merupakan langkah yang bijak.

Permintaan agar perusahaan-perusahaan ini memperbaiki dan memperkuat proses underwriting mereka sejalan dengan meningkatkan kualitas layanan kepada konsumen.

Proses underwriting yang kuat adalah landasan utama untuk mengukur risiko dan keberlanjutan bisnis, memastikan bahwa konsumen dan perusahaan finansial sama-sama terlindungi.

Pentingnya penguatan proses underwriting ini tak dapat dipandang sebelah mata. Aspek manajemen risiko, tata kelola perusahaan yang baik, dan manajemen risiko teknologi informasi yang cermat harus menjadi fokus utama.

Dengan mengintegrasikan regulasi yang ketat dan tata kelola yang baik, industri BNPL dapat tumbuh secara berkelanjutan, memberikan manfaat kepada konsumen dan melindungi kestabilan pasar keuangan.

Namun, kasus Akulaku menjadi peringatan bagi industri BNPL di Indonesia. Pengawasan yang ketat dari OJK merupakan bentuk komitmen untuk menjaga integritas dan kepercayaan konsumen.

Sanksi pembatasan kegiatan usaha tertentu yang diberlakukan terhadap Akulaku adalah contoh konkret bahwa pelanggaran terhadap regulasi dan tata kelola yang lemah tidak akan dibiarkan.

Dalam era di mana transaksi online semakin mendominasi, regulasi yang ketat dan tata kelola yang baik adalah kunci untuk memastikan keberlanjutan industri BNPL.

Pengawasan yang cermat dan sanksi yang tegas harus menjadi landasan bagi setiap perusahaan yang beroperasi di sektor ini.

Hanya dengan mengutamakan integritas dan kepatuhan terhadap regulasi, industri BNPL dapat berkembang secara sehat dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat dan perekonomian secara keseluruhan.