News  

AI Generatif Sukses Membawa Microsoft ke Puncak Kapitalisasi Pasar Global – Jurnal Faktual

Realita.idMicrosoft telah menggeser Apple sebagai perusahaan publik paling berharga di dunia. Pada penutupan perdagangan saham di Amerika Serikat, Jumat (12/1/2024)

kapitalisasi pasar Microsoft mencapai 2,89 triliun dollar AS atau setara Rp 44.922 triliun. Sementara itu, Apple hanya memiliki kapitalisasi pasar sebesar 2,87 triliun dollar AS atau sekitar Rp 44.611 triliun.

Prestasi Microsoft ini tidak lepas dari fokusnya yang mendalam pada kecerdasan buatan (AI) generatif, sebuah sektor yang semakin mendapat dukungan investor.

Microsoft telah berinvestasi 10 miliar dollar AS (sekitar Rp 155,4 triliun) pada perusahaan AI generatif OpenAI dan mengintegrasikan teknologinya ke dalam berbagai produk dan layanan Microsoft, seperti Microsoft 365 Copilot, GitHub Copilot, dan Azure AI.

AI generatif adalah cabang AI yang mampu menghasilkan konten baru dan orisinal, seperti teks, gambar, suara, atau video, berdasarkan data yang ada.

Teknologi ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan inovasi di berbagai bidang, mulai dari pendidikan, bisnis, hiburan, hingga kesehatan.

Salah satu contoh aplikasi AI generatif yang dikembangkan oleh Microsoft adalah Microsoft 365 Copilot.

sebuah asisten AI yang dapat membantu pengguna dalam menulis dokumen, membuat presentasi, mengelola email, berkolaborasi dengan tim, dan lain-lain.