News  

9 Cara Kreatif Mendesain Halaman Belakang Rumah Minimalis, Gampang Banget Diwujudkan! – Jurnal Faktual

Realita.id – Halaman belakang rumah minimalis bisa menjadi tempat yang multifungsi, baik untuk bersantai, bercocok tanam, maupun menghias rumah. Dengan desain yang tepat, halaman belakang rumah bisa menjadi salah satu spot favorit di rumah.

Berikut adalah beberapa inspirasi desain halaman belakang rumah minimalis yang menarik dan mudah diaplikasikan.

Halaman Belakang Rumah dengan Aksen Serba Hijau

Jika kamu memiliki ruang sempit di halaman belakang rumah, kamu bisa memanfaatkannya dengan menanam berbagai tanaman hijau, baik di pot, rak, maupun hidroponik. Tanaman hijau akan memberikan kesegaran dan kesejukan di halaman belakang rumah, sekaligus menghasilkan oksigen dan udara bersih.

Kamu juga bisa menambahkan tempat cuci pakaian atau meja kerja di halaman belakang rumah dengan aksen hijau ini.

Halaman Belakang Rumah dengan Skylight

Skylight adalah atap kaca yang membiarkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Kamu bisa menerapkan skylight di halaman belakang rumah minimalis untuk mendapatkan pencahayaan alami yang baik.

Selain itu, skylight juga bisa membuat halaman belakang rumah terlihat lebih luas dan modern. Kamu bisa menambahkan tanaman rambat di sisi atap skylight untuk memberikan kesan alami dan asri.

Halaman Belakang Rumah dengan Suasana Organik

Jika kamu menyukai suasana alami dan organik, kamu bisa mendesain halaman belakang rumah minimalis dengan menggunakan material kayu, batu, dan tanah. Kamu bisa menanam berbagai tanaman hias, sayur, atau buah di halaman belakang rumah dengan suasana organik ini.

Salah satu tanaman hias yang cocok untuk halaman belakang rumah dengan suasana organik adalah janda bolong, yang memiliki bentuk daun yang unik dan estetis.

Halaman Belakang Rumah dengan Suasana Perkebunan

Kamu juga bisa membuat halaman belakang rumah minimalis menjadi tempat yang terbuka dan luas dengan menghilangkan sekat atau dinding yang menghalangi pandangan.

Halaman belakang rumah dengan suasana terbuka ini bisa menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai, bermain, atau berkebun. Kamu bisa menambahkan meja dan kursi kayu di halaman belakang rumah sebagai beranda yang hangat dan cozy.

Halaman Belakang Rumah dengan Kolam Ikan Koi

Kolam ikan koi bisa menjadi salah satu elemen yang menarik dan menenangkan di halaman belakang rumah minimalis. Kolam ikan koi bisa memberikan kesan alami, sejuk, dan dinamis di halaman belakang rumah.

Kamu bisa memadukan kolam ikan koi dengan material kayu, batu, dan tanaman hijau untuk menciptakan harmoni yang indah. Kamu juga bisa menambahkan tanaman vertikal di dinding kolam ikan untuk memberikan kesan hijau yang lebih banyak.

Halaman Belakang Rumah dengan Rumput

Rumput hijau bisa menjadi pilihan yang sederhana namun efektif untuk mendesain halaman belakang rumah minimalis. Rumput hijau bisa memberikan kesan luas, segar, dan bersih di halaman belakang rumah. Kamu bisa menanam rumput hijau di seluruh permukaan halaman belakang rumah, atau hanya di sebagian area tertentu.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa tanaman hias, pot bunga, atau lampu taman untuk mempercantik halaman belakang rumah dengan rumput hijau ini.

Halaman Belakang Rumah dengan Tema Industrial

Tema industrial bisa menjadi pilihan yang berbeda dan menarik untuk halaman belakang rumah minimalis. Tema industrial bisa memberikan kesan modern, minimalis, dan artistik di halaman belakang rumah. Kamu bisa menggunakan material seperti besi, baja, beton, atau bata ekspos untuk menciptakan tema industrial di halaman belakang rumah.

Kamu juga bisa menambahkan tanaman hijau untuk memberikan kontras yang menarik dan menyegarkan di halaman belakang rumah dengan tema industrial ini.

Halaman Belakang Rumah dengan Aksen Organik

Aksen organik bisa memberikan kesan alami, sehat, dan ramah lingkungan di halaman belakang rumah minimalis. Aksen organik bisa berupa tanaman hijau, pot tanah liat, keranjang rotan, atau anyaman bambu. Kamu bisa mengatur aksen organik ini di halaman belakang rumah dengan cara yang menarik dan kreatif.

Kamu juga bisa menambahkan dua buah kursi relaksasi di halaman belakang rumah dengan aksen organik ini untuk tempat bersantai dan berjemur.

Halaman Belakang Rumah dengan Taman Vertikal

Taman vertikal adalah salah satu solusi yang cerdas untuk menghemat ruang dan mempercantik halaman belakang rumah minimalis. Taman vertikal adalah tanaman yang ditanam di dinding atau rak vertikal. Taman vertikal bisa memberikan kesan hijau, asri, dan segar di halaman belakang rumah.

Kamu bisa menanam berbagai jenis tanaman, baik yang rambat, berbunga, atau hidroponik di taman vertikal. Kamu juga bisa menambahkan lampu atau hiasan lainnya untuk membuat taman vertikal lebih menarik.

Itulah beberapa inspirasi desain halaman belakang rumah minimalis yang menarik dan mudah diaplikasikan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi kamu dalam mendesain halaman belakang rumah impian kamu. Selamat mencoba!