News  

6 Pilihan Kain Gorden Rumah Terbaik, dengan Tampilan yang Tidak Membosankan Jika Dilihat Setiap Saat! – Jurnal Faktual

Realita.id – Gorden atau tirai adalah salah satu elemen penting dalam mendekorasi interior rumah. Selain berfungsi untuk menutup jendela, gorden juga bisa menambah estetika dan suasana ruangan. Namun, tidak semua jenis kain gorden cocok untuk setiap ruangan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih kain gorden, seperti warna, motif, tekstur, dan ketebalan. Berikut adalah beberapa tips memilih jenis kain gorden yang sesuai dengan interior rumah.

Satin: Satin adalah jenis kain gorden yang memiliki permukaan lembut, halus, dan mengkilap. Kain ini sangat indah dipandang dan cocok untuk ruangan yang bergaya glamor, klasik, atau modern.

Satin juga memiliki banyak pilihan warna dan motif yang bisa disesuaikan dengan tema ruangan. Namun, satin juga mudah kusut dan kotor, sehingga perlu perawatan ekstra.

Voile: Voile adalah jenis kain gorden yang tipis dan transparan. Kain ini biasanya digunakan sebagai lapisan dalam gorden untuk memberi efek ringan dan anggun.

Voile cocok untuk ruangan yang ingin mendapatkan pencahayaan alami, seperti kamar tidur atau ruang tamu. Voile juga mudah dibersihkan dan tidak mudah kusut.

Blackout: Blackout adalah jenis kain gorden yang tebal dan gelap. Kain ini bisa menghalangi cahaya dari luar ruangan hingga 90 persen, sehingga cocok untuk ruangan yang membutuhkan privasi dan kegelapan, seperti kamar tidur atau ruang kerja.

Blackout juga memiliki tekstur yang lembut dan halus, serta banyak pilihan warna dan motif yang bisa disesuaikan dengan tema ruangan.

Linen: Linen adalah jenis kain gorden yang terbuat dari serat alami. Kain ini memiliki karakteristik yang kuat, tahan lama, dan mudah menyerap udara. Linen cocok untuk ruangan yang bergaya natural, minimalis, atau kasual.

Linen juga memiliki warna yang netral dan motif yang sederhana, sehingga bisa dipadukan dengan berbagai furnitur dan aksesori.

Mori: Mori adalah jenis kain gorden yang terbuat dari katun putih pucat. Kain ini biasanya digunakan untuk membuat batik tradisional di Indonesia.

Mori cocok untuk ruangan yang bergaya etnik atau tradisional, karena memiliki warna dan motif yang khas. Mori juga tergolong murah dan mudah didapatkan di pasaran.

Sutra: Sutra adalah jenis kain gorden yang terbuat dari serat alami yang berasal dari ulat sutra. Kain ini memiliki karakteristik yang mewah, elegan, dan berkilau. Sutra cocok untuk ruangan yang bergaya glamor, klasik, atau mewah.

Sutra juga memiliki tekstur yang lembut dan halus, serta banyak pilihan warna dan motif yang bisa disesuaikan dengan tema ruangan. Namun, sutra juga tergolong mahal dan sulit dirawat.

Itulah beberapa tips memilih jenis kain gorden yang sesuai dengan interior rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! 😊