News  

5 Bahan Alami ini, Bisa Kamu Jadikan Handbody Racikan Sendiri, Mudah, Manjur dan Sehat! – Jurnal Faktual

Realita.idApakah kamu ingin memiliki kulit yang lembut, sehat, dan wangi? Mungkin kamu sudah bosan dengan handbody yang dijual di pasaran, yang harganya mahal, kandungannya tidak jelas, dan aromanya tidak sesuai dengan selera kamu.

Atau mungkin kamu punya alergi atau kulit sensitif yang tidak cocok dengan produk-produk komersial. Nah, jika kamu mengalami hal-hal tersebut, ada solusi yang bisa kamu coba, yaitu membuat handbody racikan sendiri di rumah!

Handbody racikan sendiri adalah produk perawatan kulit yang bisa kamu buat sendiri dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kamu.

Dengan membuat handbody racikan sendiri, kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan, seperti:

Lebih hemat. Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli handbody yang harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Kamu hanya perlu membeli bahan-bahan alami yang harganya relatif murah dan bisa kamu dapatkan di toko-toko atau pasar tradisional.

Lebih aman. Kamu tidak perlu khawatir tentang kandungan bahan kimia yang mungkin berbahaya bagi kulitmu, seperti paraben, alkohol, pewarna, pewangi, dan lain-lain. Kamu bisa memilih bahan-bahan alami yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulitmu, serta menghindari bahan-bahan yang bisa menyebabkan iritasi, alergi, atau efek samping lainnya.

Lebih personal. Kamu bisa menyesuaikan aroma, tekstur, dan warna handbody racikanmu sesuai dengan preferensi dan kebutuhanmu.

Kamu bisa memilih minyak esensial yang kamu sukai, atau mencampurkan beberapa minyak esensial untuk membuat aroma yang unik dan khas.

Kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lain yang bisa memberikan manfaat tambahan untuk kulitmu, seperti madu, vitamin E, minyak zaitun, dan lain-lain.

Nah, bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba membuat handbody racikan sendiri? Jika iya, berikut adalah resep sederhana yang bisa kamu ikuti:

Bahan-Bahan:

  • 1/2 cangkir minyak kelapa atau minyak almond (sebagai bahan dasar)
  • 1 sendok makan madu murni
  • 1 sendok teh minyak zaitun (opsional)
  • 1-2 sendok teh minyak esensial pilihan kamu (misalnya lavender, jeruk, lemon, rose, atau minyak esensial lain yang kamu sukai)

Langkah-Langkah:

  1. Campurkan minyak dasar (misalnya minyak kelapa atau minyak almond) dengan madu murni. Madu adalah pelembap alami yang baik untuk kulit.
  2. Jika kamu ingin menambahkan minyak zaitun, campurkan juga ke dalam campuran ini. Minyak zaitun mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang baik untuk kulit.
  3. Tambahkan minyak esensial pilihan sesuai kesukaanmu. Minyak esensial memberikan aroma yang harum dan berbagai manfaat kesehatan. Kamu bisa memilih minyak esensial yang sesuai dengan preferensimu, atau mencari referensi di internet tentang manfaat dan cara penggunaan minyak esensial yang berbeda-beda.
  4. Campurkan semua bahan dengan baik sehingga menjadi campuran yang homogen. Kamu bisa menggunakan mangkuk kecil atau botol kosong yang bersih dan steril.
  5. Setelah campuran siap, tuangkan ke dalam botol atau wadah yang bersih dan kering. Simpan handbody racikan di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Cara Penggunaan:

Cara menggunakan handbody racikan ini mirip dengan menggunakan handbody yang kamu beli di pasaran. Oleskan secukupnya pada tangan dan tubuh, lalu pijat dengan lembut hingga meresap ke kulit. Kamu bisa menggunakan handbody racikan ini setiap hari, atau sesuai dengan kebutuhanmu.

Handbody racikan ini umumnya lebih alami dan tidak mengandung bahan kimia tambahan. Namun, selalu perhatikan reaksi kulitmu saat pertama kali menggunakannya untuk memastikan kamu tidak memiliki reaksi alergi.

Jika kamu merasakan gatal, kemerahan, atau gejala lain yang tidak normal, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter.

Ingatlah bahwa hasil dari handbody racikan alami ini mungkin tidak secepat produk komersial, tetapi mereka memberikan perawatan alami dan lembut untuk kulit.

Selain itu, handbody racikan ini juga bisa menjadi cara untuk menyalurkan kreativitas dan hobi kamu. Kamu bisa bereksperimen dengan bahan-bahan yang berbeda, atau bahkan membuat handbody racikan sebagai hadiah untuk orang-orang terdekatmu.

Nah, itulah cara membuat handbody racikan sendiri dengan bahan-bahan alami. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi kamu untuk mencoba membuat handbody racikan sendiri di rumah.

Jangan lupa untuk berbagi pengalaman dan hasilnya di kolom komentar ya. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

**Dikutip dari staylo.grid.id dan lainnya…!!