News  

20 Daftar Boikot Merek Milik L’Oreal, yang Banyak Beredar di Indonesia – Realita.id

Realita.idL’Oreal, raksasa kosmetik asal Prancis, menjadi sasaran boikot dari komite nasional Palestina untuk gerakan boikot, divestasi, dan sanksi (BDS) terhadap Israel.

Alasannya, L’Oreal terlibat dalam hubungan bisnis dengan Israel, meskipun negara itu terus melakukan pendudukan dan kebijakan apartheid terhadap rakyat Palestina.

L’Oreal mulai beroperasi di Israel pada pertengahan 1990-an, sebagian didorong oleh pertimbangan politik.

Sejak itu, L’Oreal Israel, anak perusahaan L’Oreal di Israel, mengoperasikan sebuah pabrik di kota Israel Migdal Ha’emek di Galilea Bawah.

Pemukiman Migdal Ha’emek didirikan pada tahun 1952 di atas tanah yang milik desa Palestina al-Mujaydil, yang penduduk aslinya masih ditolak haknya untuk kembali ke rumah mereka.

Seperti hampir semua pemukiman Yahudi lainnya yang dibangun di tengah-tengah desa-desa Palestina di Galilea, di dalam Israel, Migdal Ha’emek mendiskriminasi warga Palestina yang menjadi warga negara Israel, menolak mereka hak untuk membeli, menyewa, atau tinggal di bagian mana pun dari kota itu, hanya karena mereka “bukan Yahudi”.

L’Oreal Israel memproduksi sebuah lini produk yang menggunakan mineral Laut Mati dengan nama “Natural Sea Beauty” yang diekspor ke 22 negara. Perlu dicatat bahwa sepertiga dari pantai barat Laut Mati terletak di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Sementara seluruh pantai dan sumber dayanya secara sistematis ditutup untuk orang Palestina oleh pendudukan militer Israel dan praktik apartheid, Israel mengeksploitasi Laut Mati untuk pariwisata internasional, pertambangan, dan memperbaiki citranya.

Namun, aktivitas L’Oreal di Israel tidak terbatas pada L’Oreal Israel. Sementara akademisi dan mahasiswa Palestina di wilayah yang diduduki dan Israel secara sistematis dihalangi oleh blokade pendudukan Israel dan tindakan penindasan lainnya untuk menjalani kehidupan akademik dan penelitian yang normal.

L’Oreal memberikan penghargaan “prestasi seumur hidup” senilai $100.000 kepada seorang ilmuwan di Institut Ilmu Pengetahuan Weizmann Israel pada Juli 2008.

Institut Weizmann, sejak didirikan, telah menjadi pusat utama untuk penelitian dan pengembangan rahasia senjata nuklir, kimia, dan biologi atas nama lembaga militer Israel yang memiliki hubungan dekat dengannya.

Ini adalah salah satu dari banyak institusi akademik di Israel yang berkolusi dengan pelanggaran hukum internasional dan hak asasi manusia Palestina oleh negara itu, dan yang menjadi sasaran boikot akademik oleh Kampanye Palestina untuk Boikot Akademik dan Budaya Israel (PACBI).

Ketua L’Oreal Israel adalah Gad Propper yang merupakan ketua pendiri Kamar Dagang Israel-UE, dan juga sangat terlibat dalam mempromosikan perdagangan antara Israel dan Australia dan Selandia Baru.

Pemerintah Prancis telah mengakui peran penting yang dimainkan oleh operasi L’Oreal di Israel dalam bisnis global perusahaan dengan memberikan Propper penghargaan sipil tertinggi Prancis, Legion d’honneur pada awal bulan ini.

“Penghargaan itu sebagai pengakuan atas kontribusi Propper terhadap kisah sukses global” L’Oreal, menurut laporan di Jerusalem Post.

Pada tahun 1994, L’Oreal membeli 30 persen saham perusahaan Propper, Interbeauty, dari mana L’Oreal Israel dibuat. Sejak itu Israel telah menjadi pusat komersial L’Oreal untuk seluruh Timur Tengah.

Pada tahun 1995, L’Oreal setuju untuk membayar $1,4 juta kepada pemerintah AS untuk menyelesaikan tuduhan bahwa ia telah bekerja sama dengan boikot resmi Liga Arab terhadap Israel.

Perusahaan itu dituduh memberikan informasi pada tahun 1980-an tentang hubungan anak perusahaannya di AS dengan Israel, kepada Kantor Boikot resmi Liga Arab yang sekarang efektif tidak aktif.

Perusahaan itu menyangkal bahwa ia telah melanggar hukum AS yang dirancang untuk mencegah perusahaan Amerika bekerja sama dengan boikot Arab resmi terhadap Israel, tetapi melancarkan kampanye untuk meredakan kritik Zionis dengan menekankan keinginannya untuk berinvestasi di Israel.

Menyusul penyelesaian itu, ketua L’Oreal saat itu, Lindsay Owen-Jones, meminta maaf atas tindakan perusahaan dalam surat kepada kelompok lobi pro-Israel yang berbasis di AS, Anti-Defamation League (ADL).

Menurut ADL, Owen-Jones berterima kasih kepada kelompok pro-Israel itu “atas dukungannya terhadap bisnis dan kegiatan pelayanan masyarakat L’Oreal di Israel,” dan meyakinkan ADL bahwa “Pendekatan berorientasi ke depan yang Anda ambil adalah dorongan bagi L’Oreal dan perusahaan lain yang sudah terlibat di Israel untuk memperluas keterlibatan mereka lebih jauh.”

Salah satu merek global L’Oreal yang paling terkenal, The Body Shop, membanggakan bahwa salah satu nilai intinya adalah “Kami tidak pernah takut untuk membela yang rentan dan yang tidak beruntung, dan kami terus berkampanye untuk keadilan sosial dan hak asasi manusia.”

Namun, keterlibatan induk perusahaannya yang dalam, bermotivasi politik, dan didorong oleh keuntungan dengan apartheid Israel menunjukkan, jika tidak, pengabaian terang terhadap hak asasi manusia Palestina dan ketidakadilan terhadap keadilan dan perdamaian.

Bisnis seperti biasa tidak boleh berlanjut dengan negara yang tidak hanya melakukan apartheid dan pemerintahan kolonial terhadap penduduk asli selama beberapa dekade.

Tetapi juga, hari ini, melakukan kejahatan perang yang serius dan terus-menerus yang digambarkan sebagai “prasyarat untuk genosida” oleh Richard Falk, seorang profesor hukum internasional terkemuka dari Princeton dan Pelapor Khusus PBB untuk Hak Asasi Manusia di OPT.

Dalam keadaan seperti itu, investasi besar L’Oreal di Israel setidaknya merupakan bentuk keterlibatan dalam pelanggaran hak asasi manusia yang parah; itu harus dihentikan segera.

Berikut adalah daftar merek yang dimiliki oleh L’Oreal yang banyak beredar di Indonesia:

Aesop

Aesop adalah merek perawatan kulit dan tubuh yang terkenal dengan produk-produknya yang menggunakan bahan-bahan alami. Merek ini dikenal karena desain kemasannya yang unik dan produk-produk berkualitas tinggi

Atelier Cologne

Atelier Cologne adalah merek parfum yang terkenal dengan wewangian khasnya. Merek ini dikenal karena menggunakan bahan-bahan alami dan proses pembuatan parfum yang cermat.

Biotherm

Biotherm adalah merek perawatan kulit yang terkenal dengan produk-produknya yang menggunakan bahan-bahan alami dan teknologi inovatif. Merek ini fokus pada perawatan kulit dengan menggunakan mineral dari sumber air termal.

Clarisonic

Clarisonic adalah merek alat pembersih wajah elektrik yang terkenal dengan teknologi pembersihannya yang canggih. Merek ini dikenal karena produk-produknya yang membantu membersihkan kulit dengan lembut namun efektif.

Color&Co

Color&Co adalah merek produk pewarna rambut yang terkenal dengan inovasi dalam pewarnaan rambut. Merek ini menawarkan solusi pewarnaan rambut yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan individu.

Diesel

Diesel adalah merek fashion global yang terkenal dengan pakaian, aksesoris, dan parfumnya. Merek ini dikenal karena gaya desainnya yang unik dan inovatif.

Drakkar Noir

Drakkar Noir adalah merek parfum pria yang terkenal dengan wewangian maskulin dan elegannya. Merek ini dikenal karena parfumnya yang khas dan tahan lama.

Garnier

Garnier adalah merek perawatan kulit dan rambut yang terkenal dengan produk-produknya yang terjangkau namun berkualitas tinggi. Merek ini dikenal karena fokus pada inovasi produk yang ramah lingkungan.

Kérastase

Kérastase adalah merek perawatan rambut mewah yang terkenal dengan produk-produknya yang menggunakan teknologi canggih. Merek ini dikenal karena fokus pada perawatan rambut yang premium.

Kiehl’s

Kiehl’s adalah merek perawatan kulit dan tubuh yang terkenal dengan produk-produknya yang menggunakan bahan-bahan alami. Merek ini dikenal karena filosofi perusahaan yang berfokus pada kualitas dan keberlanjutan.

Kim Chi Chic Beauty

Kim Chi Chic Beauty adalah merek kosmetik yang terkenal dengan produk-produknya yang beragam dan inovatif. Merek ini dikenal karena kolaborasinya dengan selebriti dan gaya yang ekspresif.

L’Oréal Professionnel

L’Oréal Professionnel adalah merek perawatan rambut yang terkenal dengan produk-produknya yang inovatif dan berkualitas tinggi. Merek ini dikenal karena kolaborasinya dengan para profesional di industri kecantikan.

Lancôme

Lancôme adalah merek kosmetik dan perawatan kulit mewah yang terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi. Merek ini dikenal karena inovasi produk-produknya dan keanggunan dalam desain kemasannya.

Magic Shave

Magic Shave adalah merek perawatan kulit pria yang terkenal dengan produk-produknya yang efektif untuk perawatan kulit dan mencukur. Merek ini dikenal karena fokus pada kebutuhan perawatan kulit pria.

Maybelline

Maybelline adalah merek kosmetik yang terkenal dengan produk-produknya yang terjangkau dan beragam. Merek ini dikenal karena inovasi produk-produknya yang sesuai dengan tren kecantikan.

NYX Professional Makeup

NYX Professional Makeup adalah merek kosmetik profesional yang terkenal dengan produk-produknya yang beragam dan inovatif. Merek ini dikenal karena kualitas produknya yang tinggi dan harga yang terjangkau.

Pureology

Pureology adalah merek perawatan rambut yang terkenal dengan produk-produknya yang ramah lingkungan dan berkualitas tinggi. Merek ini dikenal karena fokus pada perawatan rambut berwarna.

Redken

Redken adalah merek perawatan rambut yang terkenal dengan produk-produknya yang inovatif dan berkualitas tinggi. Merek ini dikenal karena kolaborasinya dengan para profesional di industri kecantikan.

Shu Uemura

Shu Uemura adalah merek kosmetik dan perawatan kulit yang terkenal dengan produk-produknya yang mewah dan inovatif. Merek ini dikenal karena filosofi kecantikan yang holistik dan berkualitas.

Urban Decay

Urban Decay adalah merek kosmetik yang terkenal dengan produk-produknya yang beragam dan inovatif. Merek ini dikenal karena fokus pada keberlanjutan dan kebebasan berekspresi dalam berdandan.