News  

12 Model Baju Batik Kerja Perempuan Berhijab yang Elegan – Jurnal Faktual

Batik adalah warisan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Batik tidak hanya digunakan untuk acara formal atau adat, tetapi juga menjadi pilihan busana untuk berbagai kegiatan, termasuk bekerja di kantor.

Bagi perempuan berhijab, batik dapat menjadi pilihan yang tepat untuk tampil stylish dan profesional. Namun, banyak perempuan yang bingung memilih model baju batik yang cocok untuk mereka.

Oleh karena itu, kami telah mengumpulkan 12 model baju batik kerja perempuan berhijab yang elegan dari berbagai sumber terpercaya. Simak ulasan kami berikut ini!

Model baju batik kerja perempuan berhijab yang pertama adalah batik motif parang. Motif ini merupakan salah satu motif batik nusantara yang klasik, formal, dan rapi.

Model baju ini memiliki detail yang unik, mulai dari kerah setengah berdiri yang menutup leher, modifikasi setengah lingkaran di dada, hingga kombinasi dua motif batik yang berbeda.

Model baju ini akan membuat Anda tampil unik dan tetap rapi.

Model baju batik kerja perempuan berhijab yang kedua adalah blouse batik dengan kerah shanghai. Model ini cocok untuk Anda yang ingin tampil simpel namun tetap berkelas.

Pilihlah motif batik yang cerah seperti oranye untuk menambah semangat kerja Anda. Detail kerah shanghai dan zipper di bagian depan akan memberikan kesan modern dan elegan.

Tambahkan sedikit kerutan di tengah untuk menambah estetika baju Anda.

3. Batik Sidomukti

Model baju batik kerja perempuan berhijab yang ketiga adalah batik sidomukti. Motif ini memiliki bentuk seperti rantai yang terhubung dan membentuk pola seperti sisir.

Warna-warna yang umum digunakan pada batik sidomukti adalah hitam, coklat, dan putih. Model baju ini cocok untuk Anda yang ingin tampil simpel dan tidak berlebihan.

Anda bisa memilih model baju yang sesuai dengan selera Anda, seperti blouse, tunik, atau dress.

Model baju batik kerja perempuan berhijab yang keempat adalah batik udan liris. Motif ini memiliki bentuk seperti daun yang terlihat sangat indah dan elegan.

Warna-warna yang umum digunakan pada batik udan liris adalah kuning, hijau, dan coklat. Model baju ini cocok untuk Anda yang ingin tampil feminin dan anggun.

Anda bisa memilih model baju yang memiliki detail seperti renda, kancing, atau sabuk.

5. Batik Kombinasi

Model baju batik kerja perempuan berhijab yang kelima adalah batik kombinasi. Model ini merupakan salah satu cara untuk membuat tampilan batik Anda lebih menarik dan variatif.

Anda bisa mengombinasikan dua motif batik yang berbeda, atau mengombinasikan batik dengan kain polos. Pastikan Anda memilih warna dan motif yang sesuai dan harmonis.

Model baju ini cocok untuk Anda yang ingin tampil kreatif dan dinamis.

Model baju batik kerja perempuan berhijab yang keenam adalah batik encim. Motif ini merupakan salah satu motif batik yang dipengaruhi oleh budaya Tionghoa.

Motif ini memiliki ciri khas berupa bunga-bunga kecil yang berwarna cerah dan menyala. Model baju ini cocok untuk Anda yang ingin tampil ceria dan berani.

Anda bisa memilih model baju yang memiliki potongan yang simpel dan modern, seperti blouse, dress, atau outer.

7. Batik Sawunggaling

Model baju batik kerja perempuan berhijab yang ketujuh adalah batik sawunggaling. Motif ini merupakan salah satu motif batik yang memiliki makna filosofis.

Motif ini menggambarkan seekor burung yang sedang terbang di antara awan. Motif ini melambangkan kebebasan, kekuatan, dan keindahan.

Model baju ini cocok untuk Anda yang ingin tampil elegan dan berwibawa. Anda bisa memilih model baju yang memiliki detail seperti kerah, manset, atau kantong.

Model baju batik kerja perempuan berhijab yang kedelapan adalah batik lereng. Motif ini merupakan salah satu motif batik yang memiliki bentuk geometris.

Motif ini menggambarkan lereng-lereng gunung yang berwarna-warni. Motif ini melambangkan kemajuan, keseimbangan, dan keharmonisan.

Model baju ini cocok untuk Anda yang ingin tampil modern dan dinamis. Anda bisa memilih model baju yang memiliki potongan yang asimetris, seperti tunik, dress, atau outer.

9. Batik Truntum

Model baju batik kerja perempuan berhijab yang kesembilan adalah batik truntum. Motif ini merupakan salah satu motif batik yang memiliki bentuk bintang-bintang kecil yang berkelompok.

Motif ini melambangkan cinta, kasih sayang, dan kesetiaan. Model baju ini cocok untuk Anda yang ingin tampil romantis dan manis.

Anda bisa memilih model baju yang memiliki detail seperti pita, ruffle, atau lace.

10. Batik Kawung

Model baju batik kerja perempuan berhijab yang kesepuluh adalah batik kawung. Motif ini merupakan salah satu motif batik yang tertua dan paling sederhana.

Motif ini menggambarkan buah kawung yang berbentuk bulat dan berwarna gelap. Motif ini melambangkan kesucian, kebijaksanaan, dan keadilan.

Model baju ini cocok untuk Anda yang ingin tampil sederhana dan klasik. Anda bisa memilih model baju yang memiliki potongan yang simpel dan fit, seperti blouse, dress, atau outer.

Model baju batik kerja perempuan berhijab yang kesebelas adalah batik mega mendung. Motif ini merupakan salah satu motif batik yang paling populer dan banyak digemari.

Motif ini menggambarkan awan yang berwarna-warni dan bergradasi. Motif ini melambangkan kehidupan yang dinamis, berubah-ubah, dan penuh warna.

Model baju ini cocok untuk Anda yang ingin tampil ceria dan berani. Anda bisa memilih model baju yang memiliki potongan yang unik dan menarik, seperti blouse, dress, atau outer.

12. Batik Pesisiran

Model baju batik kerja perempuan berhijab yang kedua belas adalah batik pesisiran. Motif ini merupakan salah satu motif batik yang dipengaruhi oleh budaya pesisir. Motif ini memiliki ciri khas berupa gambar-gambar yang berkaitan dengan laut.

Motif ini memiliki ciri khas berupa gambar-gambar yang berkaitan dengan laut, seperti kapal, ikan, burung, atau pohon kelapa.

Motif ini melambangkan kehidupan yang dinamis, kaya, dan beragam. Model baju ini cocok untuk Anda yang ingin tampil eksotis dan berani.

Anda bisa memilih model baju yang memiliki potongan yang etnik dan menarik, seperti blouse, dress, atau outer.

Demikianlah 12 model baju batik kerja perempuan berhijab yang elegan yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk tampil lebih percaya diri dan profesional dengan batik. Selamat mencoba!