News  

10 Resep Masakan Tradisional Indonesia dengan Tempe dan Tahu Ekonomis dan Lezat  – Jurnal Faktual

Realita.id- Indonesia, negara kepulauan yang kaya akan keanekaragaman budaya dan kuliner, memiliki berbagai macam masakan tradisional yang lezat dan menggugah selera.

Di antara berbagai bahan makanan yang menjadi ciri khas masakan Indonesia adalah tempe dan tahu. Kedua bahan makanan ini bukan hanya terkenal karena kaya akan protein dan nutrisi, tetapi juga karena keunikan rasa dan teksturnya yang dapat disesuaikan dengan berbagai resep masakan. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sepuluh resep masakan tradisional Indonesia yang menggunakan tempe dan tahu sebagai bahan utamanya.

Resep-resep ini tidak hanya ekonomis dan mudah dibuat, tetapi juga menghadirkan cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Mari kita mulai eksplorasi kuliner yang memikat ini! 

1. Tempe Goreng Kecap 

Salah satu hidangan yang paling sederhana namun nikmat adalah Tempe Goreng Kecap. Tempe dipotong tipis-tipis dan digoreng hingga kecokelatan, lalu disiram dengan saus kecap yang manis dan gurih.

Untuk menambah aroma dan cita rasa yang lebih dalam, Anda bisa menambahkan bawang putih cincang dan potongan cabai rawit. 

2. Tahu Isi 

Tahu Isi adalah camilan favorit yang sering ditemui di berbagai warung makan dan pasar tradisional di Indonesia.

Tahu dibelah, kemudian diisi dengan campuran tempe yang telah dihaluskan dan bumbu-bumbu lain seperti bawang putih, daun bawang, dan garam. Setelah itu, tahu tersebut digoreng hingga kecokelatan.

Rasanya renyah di luar dan lembut di dalam, sempurna untuk dinikmati bersama sambal kecap atau saus cabai. 

3. Sambal Goreng Tempe 

Sambal Goreng Tempe adalah hidangan yang kaya akan rasa pedas dan gurih. Tempe dipotong dadu dan digoreng hingga kecokelatan, kemudian disajikan dengan sambal yang terbuat dari cabai, bawang, dan terasi.

Tambahan kentang, wortel, dan kacang panjang membuat hidangan ini semakin lezat dan bergizi. 

4. Tahu Campur 

Tahu Campur adalah hidangan yang terdiri dari tahu yang digoreng dan kemudian disiram dengan kuah kental yang terbuat dari santan, garam, dan bumbu rempah-rempah seperti ketumbar, kunyit, dan serai.

Biasanya disajikan dengan tauge, kentang rebus, telur rebus, dan irisan bawang goreng sebagai pelengkapnya. 

5. Tempe Mendoan 

Tempe Mendoan adalah hidangan yang berasal dari Jawa Tengah. Tempe yang masih muda dicelupkan dalam adonan tepung yang terbuat dari tepung terigu, telur, garam, bawang putih, dan ketumbar, lalu digoreng hingga renyah. Rasanya gurih dan lezat, cocok sebagai camilan atau lauk pendamping nasi. 

6. Tahu Telur 

Tahu Telur adalah hidangan yang terdiri dari tahu yang digoreng dan disajikan dengan telur dadar di atasnya.

Biasanya disiram dengan kuah kental yang terbuat dari bumbu-bumbu rempah-rempah, petis, kecap manis, dan gula merah.

Tambahkan irisan daun bawang dan bawang goreng untuk memberikan aroma yang sedap. 

7. Tempe Bacem 

Tempe Bacem adalah hidangan khas Jawa yang terkenal dengan rasa manisnya yang lezat. Potongan tempe direndam dalam air gula merah yang telah diberi tambahan daun salam dan lengkuas, lalu direbus hingga air menyusut dan gula merah mengkaramel.

Tempe Bacem biasanya disajikan sebagai lauk pendamping nasi. 

8. Tahu Sumedang 

Tahu Sumedang adalah hidangan yang berasal dari daerah Sumedang, Jawa Barat. Tahu yang berukuran besar dipotong-potong dan digoreng hingga kecokelatan, kemudian disiram dengan kuah kental yang terbuat dari santan, bumbu rempah, dan daun kemangi.

Rasanya gurih dan khas, cocok disantap bersama nasi hangat. 

9. Tempe Penyet 

Tempe Penyet adalah hidangan yang berasal dari Surabaya. Tempe yang telah digoreng kemudian diulek atau ‘dipeset’ bersama sambal terasi dan irisan tomat serta mentimun.

Rasanya pedas dan segar, cocok disantap dengan nasi hangat dan krupuk sebagai pelengkap. 

10. Tahu Pong 

Tahu Pong adalah hidangan tradisional dari Jawa Timur. Tahu yang dicetak bulat dan berpori-pori ini digoreng hingga renyah dan kecokelatan.

Rasanya gurih di luar dan lembut di dalam. Biasanya disajikan dengan sambal terasi atau saus kacang sebagai pelengkapnya. 

Dari hidangan-hidangan tradisional tersebut, dapat disimpulkan bahwa tempe dan tahu memang memiliki tempat yang istimewa dalam masakan Indonesia.

Kedua bahan makanan ini tidak hanya kaya akan nutrisi, tetapi juga dapat disajikan dalam berbagai variasi yang lezat dan menggugah selera.

Dengan bahan-bahan yang ekonomis dan mudah didapat, Anda pun dapat mencoba untuk membuat hidangan-hidangan tersebut di rumah dan menikmati kelezatannya bersama keluarga dan teman. Selamat mencoba dan selamat menikmati!